HotSpot Sederhana Dengan Bluelink Blister BL-U80G di Mac OS

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

www.flystudio.org

Jika kita memiliki mesin Macintosh lawas seperti Power Mac G4 atau sekelasnya, daripada menganggur digudang, lebih baik di pekerjakan kembali sebagai server kecil-kecilan untuk rumahan atau sekedar membuat hotspot kecil-kecilan saat acara tertentu.

Mengapa memilih mesin Macintosh untuk server ? Karena mesin Macintosh memiliki system operasi Mac OS berbasis UNIX yang dikenal sangat tangguh untuk dijadikan server dibandingkan system operasi sekelas windows baik itu XP, Server, Vista maupun Windows 7 yang sangat lemah dan dan rentan itu.

Untuk mempersiapkannya diperlukan beberapa hardware pendukungnya. Biasanya pada mesin G4 belum memiliki Airport Base Station yang akan difungsikan sebagai AP (Access Point) dan perlu diketahui harga Airport tersebut cukup mahal sekali, wajar bagi saya karena Product Apple memang dikenal sebagai product IT kelas Ningrat. Tapi ada solusi murah sebagai pengganti Airport yaitu product wifi Bluelink Blister BL-U80G yang dijual dipasaran seharga IDR 125.000,-. Walaupun murah, product ini memiliki fitur yang lengkap. Didalamnya ditanamkan chipset Ralink RT73 dan mendukung IEEE 802.11b/g dan dapat bekerja dalam dua mode yaitu Ad Hoc Mode & Infrastructure Mode dengan kekuatan max 100m indoor & 300m outdoor. Dalam paket penjualannya disertakan CD Driver dan mensupport Windows, Linux dan Mac OS.

u80-tech

Berikut adalah hasil percobaan yang telah berhasil saya lakukan dan saya sertakan langkah-langka settingnya

1. Hubungkan USB Wifi ke Mac Anda. Install Driver yang ada dalam CD, pilih sesuai versi Mac Os yang ada di Mac Anda. Disediakan untuk Mac OS 10.3, 10.4, dan 10.5.

Step 1

2. Lakukan proses installasi dan reboot Mac Anda.

Step 2

3. Setelah komputer restart masuk ke Sytem Preference buka bagian Network, maka akan tampil network baru yang bernama Ethernet tekan apply. Gunakan setting Using DHCP pada tab configure lalu tekan apply.

Picture 11

4. Lakukan setting Ad Hoc. Klik Add

Step 3-1

5. Pada Network type pilih Ad Hoc dan beri SSID contoh yaitu kanaka airport dan channel yang anda gunakan untuk jaringan.

step 3-2

6. Jangan lupa memberikan password agar orang yang tidak berkenan tidak dapat memanfaatkan jaringan hotspot anda, caranya buka tab authentication & security, pada Encryption Type pilih WEP. Sekarang pada WEP SETTING di bagian Key #1 pilih ASCII, lalu masukkan 5 character kode rahasia anda. (Tips : Sebaiknya gunakan Kode WEP ASCII agar dapat di support oleh system microsoft windows, kode ini hanya mengizinkan 5 atau 13 character saja).

Picture 9

7. Setelah selesai klik OK. Sekarang tinggal mengaktifkan network hotspot anda dengan memilih network yang barusan anda buat, lalu tekan tombol ACTIVATE.

Step 7

8. Sekarang anda dapat berbagi koneksi Internet kepada komputer lain. Selamat menikmati hotspot murah meriah mantab, jangan lupa beritahukan password anda kepada teman yang ingin berbagi koneksinya. Jangan lupa komentarnya😀

~ by Firman Fauzi on September 1, 2009.

3 Responses to “HotSpot Sederhana Dengan Bluelink Blister BL-U80G di Mac OS”

  1. gan ….. klo settingan Router wifi seri N Bluelink (BL-R33N) gabung dengan adsl speedy gimana…….
    bantuin dong…….
    prajaon@gmail.com

  2. sepertinya support deh ke win 7, drivernya pake vista aja, saya sih blm nyoba.

  3. halo, numpang tanya apakah alat ini support win 7???

    thx b4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: