Digital Video Editing

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

www.flystudio.org

Di jaman serba canggih ini, segala sesuatu dapat dilakukan dengan mudahnya dan tentunya dengan biaya yang murah, salah satunya adalah proses penyuntingan video atau yang biasa disebut video editing.

Dulu, proses video editing dipandang oleh orang awam merupakan proses yang sangat rumit dan memakan biaya yang besar, apalagi sebuah video yang dipadukan dengan visual effect yang ditampilkan di beberapa film sangat memukau dan membuat orang takjub.

Sekarang, proses digital video editing bisa dibilang cukup mudah & murah, hanya dengan menggunakan seperangkat PC dengan firewire card dan camcorder tipe DV (Mini DV, Digital-8), seorang pemula dapat mengedit video hasil rekamannya dengan mudah dan hasilnya pun terkadang bisa dikatakan setara profesional.

Dalam dunia video editing, ada beberapa format video yaitu analog video dan digital video. Analog video adalah sebuah citra atau gambar yang tercipta dari getaran magnetic yang dihasilkan oleh pita ke head, contohnya apabila getaran magnetic luminance (gelap terang) lemah, maka gambar yang dihasilkan akan terlihat gelap, jika sebaliknya getaran magnetic kuat, maka gambar yang dihasilkan akan terang. Dalam format analog ini hampir tidak dapat dibedakan antara noise dengan tidak. Contoh analog video adalah vhs, s-vhs, video-8, betamax, betacam. Sedangkan digital video adalah sebuah citra atau gambar yang dihasilkan berdasarkan binary 0-1-0-1 artinya jika head membaca sinyal gelap, citra yang dihasilkan adalah gelap, jika head membaca sinyal merah, citra yang dihasilkan adalah merah, disimpulkan bahwa video dalam format digital boleh dibilang lebih akurat dari segi luminance (gelap terang), saturation (warna) dan ketajaman gambar dibandingkan video analog. Contoh format digital video adalah mini-DV, DVC Pro, DV Cam, Digital-8, Digital Betacam, DVD, VCD, AVI, MOV. Namun bukan berarti analog video tidak bisa diandalkan lagi, banyak profesional movie maker masih menggunakan format video analog untuk project mereka seperti dalam format betacam dan seluloid.

Banyak software pengolah video yang beredar dipasaran saat ini, mulai dari yang konsumer hingga profesional. Beberapa software kelas konsumer yang hadir dipasaran yaitu pinacle studio, ulead video studio, movie maker, imovie dari Apple dan beberapa software kelas profesional seperti final cut pro dari Apple, adobe premiere pro, Avid, Velocity, Sony Vegas dan lainnya. Biasanya unjuk performa software ini harus disandingkan dengan hardware (Capture Card) yang mumpuni, seperti avid mojo dengan avid express DV, Matrox dengan Premiere Pro, atau Avid mojo, Matrox, Aja, Black Magic dengan Final Cut Pro, velocity dengan velocity, karena biasanya dalam hardware ini ditanamkan chipset untuk encoding & decoding codec yang ditawarkan hardware tersebut, sehingga proses editing lebih efisien dan realtime preview tanpa harus merender.

Semua software-software tersebut memiliki keunggulannya masing-masing seperti Premiere Pro yang sangat mumpuni berintegrasi dengan software lainnya seperti After Effects dan interface yang mudah dipelajari. Final Cut Pro menawarkan fungsi compositing langsung dalam satu software dan integrasinya dengan bayak software dalam keluarga Apple, sekedar informasi, software ini paling populer dan paling banyak digunakan oleh profesional dan movie maker dalam proses editing selain performanya yang tangguh.

Dari situ kita bisa menentukan mana pilihan software video editing yang cocok untuk kita, dan pada dasarnya semua software digital video editing mempunyai prinsip dasar yang sama, hanya masing-masing software mempunyai keunggulan tersendiri.

Walau bagaimanapun, software hanyalah alat bantu teknis proses saja, kreatifitaslah yang menetukan bagaimana hasil akhir sebuah movie, yang harus diingat adalah apalah arti kreatifitas tanpa pengetahuan teknis, begitupula sebaliknya, apalah arti kemampuan teknis tanpa didukung kreatifitas. Jangan lupa komentarnya😀

~ by Firman Fauzi on February 14, 2009.

One Response to “Digital Video Editing”

  1. Thanks Mas Infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: